Sragen Techno Park …..(Perspektif ala SIMKES)

Sragen, kota kecil yang tenang tentram dengan segudang terobosan dan inovasi baru yang memberikan pengahargaan kepada seluruh masyarakatnya untuk maju, berkembang untuk menggapai kemakmuran. Dukungan pemerintah dan pelayanan terbaik, infrastruktur yang mantap, pelayanan perijinan full computerized dan online system dengan sumber daya manusia yang profesional, akses modal sangat mudah yang tersebar di seluruh desa, seluruh pasar dan seluruh kecamatan, pembinaan tenanga dari ahli di semua bidang serta fasilitas dan seluruh kecamatan, pembinaan dari tenaga ahli di semua bidang serta fasilitas pemasaran yang ditangani pemerintah.

Untuk pelayanan kesehatan dengan berbagai fasilitas yang memadai dengan dokter spesislias  yang sangat lengkap bahkan e-media telah dikembangkan antara Puskesmas dengan RSUD dengan dokter spesialis yang siap melayani pasien dengan sistem online, semua begitu mudah, semua begitu akurat dan tidak ada masalah dalam layanan kesehatan. Perangkat online system telah dibangun dan dikembangkan oleh tim information and communication technology (ICT) pegawai negeri sendiri, semua satuan kerja, badan dinas, kantor, bagian kecamatan dan desa sudah online, sehingga surat, laporan dan lain-lain tidak perlu kurir akses data apapun tinggal click bahkan telepon voice, video conference gratis, camera CCTV telah dipasang di berbagai tempat strategis, dipantau oleh tim khusus antara lain polisis, tentara, satpol PP, DLLAJ, dokter dan lain-lain selama 24 jam.

Perkembangan teknologi yang ada di Sragen dipusatkan di Technopark. Technopark merupakan sebuah konsep yang dimulai dari universitas stanford, USA. Adapun visi dari Sragen Technopark yaitu untuk melatih dan membangun inovasi teknologi yang berbasis kompotensi dengan fasilitas frendly dan mengimplementasikan pada konsep CSR. Ada beberapa program pelatihan yang dijalankan di Technopark yaitu pelatihan international languange center ILC one, information communication technology (ICT), application bussines center (ABC) creative economy, Tourism Servis Center (TSC), Ego articultural center (EAC),  Engineering Centers, special Care Center.

Salah satu hasil yang dibuat oleh Technopark yaitu sistem informasi e-goverment di Sragen. Adapun alur e-government yang ada di sragen yaitu seperti pada gambar di bawah ini:

Salah satu implementasi e-goverment yaitu sistem informasi manajemen RSUD. Sistem informasi manajemen RSUd yang terintegrasi meliputi :

1.  Rekam medis

2.  Administrasi rawat inap

3.  Administrasi rawat jalan

4.  Apotik

5.  Poliklinik

6.  Laboratory Information System

7.  Gudang obat

8.  Administrasi pembayaran atau billing smart

9.  Smart system

10.  SMS Gateway Support

Untuk sistem informasi kesehatan khususnya SIMPUS yaitu sistem yang memberi informasi tentang riwayat kesehatan (RM-rekam Medik) masyarakat di Sragen,  yang bisa diakses secara online dan juga menggunakan fasilitas biometric (finger scan) dan nextcode. Dikembangkan sesuai dengan standarisasi HL7 (Amerika) dan CEN (eropa) untuk kemudahan pertukaran data dalam pengobatan jarak jauh (Telemedicine). Adapun fitur dari SIMPUS Sragen yaitu:

  1. Registrasi pasien, pemriksaan pasien
  2. Riwayat kesehatan pasien
  3. Smart system (interaksi antar obat, diagnosa penyakit, dll)
  4. KIA (kesehatan ibu dan anak)
  5. Poli gigi
  6. Laporan yang dibutuhkan bisa diakses secara online
  7. Timer (mengetahui jangka waktu pemeriksaan pasien) untuk ISO dan Akreditasi
  8. Mendukung ICD-X
  9. Lintas platform termasuk PDA

Bagimanapun Sragen Techno Park sangat membuka cakrawala bagi mahasisa Mahasiswa  SIMKES 09 UGM

(reported by Ummul Khair)

2 comments so far

  1. Sigit on

    Terimaksih atas kunjungan dari teman-teman UGM, kami merasa bangga mendapat kunjungan dari teman2, semua, mungkin suatu saat bisa belajar bersama mengembangkan SIMPUS bersama-sama

  2. aditya setyawan on

    Tanya Pak….!!!
    🙂

    Kalo di Minat SIMKES yang dipelajari apa hanya Sistem Informs yg berkaitan dengan Pelayanan Medis saja…???? Bagaimana dengan Sistem Informasi ttg Pendidikan Tenaga Kesehatannya…??? Ato mungkin bisa nggak diintegrasikan antara kedua Sistem itu..???

    Nuwun…..Salam Kenal,
    Dodiet


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: